JSK Training Center (JTC) merupakan sebuah divisi yang bekerja dibawah naungan PT. Jelajah Survey Konsultan yang bergerak dibidang pengembangan dan pelatihan bidang survei dengan metode yang praktis dan tetap mengedepankan keakuratan.



Aplikasi Long Section Survey untuk Visualisasi Kenampakan Objek


Dalam sebuah proses konstruksi terkadang ada suatu kasus dimana dibutuhkan kenampakan ujung sebuah objek dari sebuah tempat dengan jarak tertentu. Hal ini terjadi dalam projek pengembangan sumur minyak di Duri, Riau yang mengakibatkan relokasi ventstack dari tempatnya semula sejauh kurang lebih 200m.  Relokasi venstack di tempat yang baru ini mensyaratkan apabila sudah terbangun, ujung venstack setinggi 10 m harus terlihat dari area Pig Receiver dengan mempertimbangkan halangan berupa kontur, pohon dan benda2 lainya serta elevasi existing tanah.  Simulasi kenampakan ujung ventstack ini dilakukan dengan menggunakan alat Total Station dan RTK GPS.


Venstack merupakan tempat (pipa) pembuangaan udara dalam sebuah system pengolahan/transportasi minyak dalam industry migas. Pig receiver merupakan area/tempat untuk melakukan proses pigging, yaitu proses pembersihan dan atau maintenance dalam sebuah jaringan pipa. 
PIG RECEIVER


SKETSA LOKASI


RTK GPS digunakan untuk melakukan pengukuran elevasi tanah sepanjang garis merah dengan cara menggunakan fungsi tertentu, Total Station digunakan untuk mengukur tinggi pohon atau tinggi halangan di sepanjang garis merah yang tidak dapat diukur menggunakan RTK GPS sehingga didapatkan data elevasi tanah existing dan elevasi halangan yang kemudian dikombinasikan dengan elevasi design ventstack sehingga kesemuanya itu bisa disimulasikan dalam gambar long section untuk menentukan keputusan selanjutnya.

Selain untuk industry migas, aplikasi survey seperti ini dapat juga digunakan untuk menentukan Kerangka Keselamatan Operasional Penerbangan dalam pembuatan bandara baru ataupun pembuatan menara/jam/tower yang memungkinkan dilihat dari seluruh penjuru. Untuk metode dan teknis survey silakan menghubungi Jelajah Survey.  

0 komentar:

Posting Komentar